IMG_20181006_180912_736

Kasih, pengembaraan ini telah begitu jauh untuk di tempuh, hingga terlupa untuk menoleh ke belakang dan mencari jalan pulang. Kelak ketika tiba waktunya untuk berpulang, aku ingin kita saling mengingatkan apa yang telah terlewati oleh kita. Meskipun jarak memisahkan kita, tetapi ketahuilah bahwa hal tersebut tak menyurutkan rasa yang berkelindan di hati pada setiap langkah yang di tempuh. Hari esok kita kembali kepada kenyataan hidup bahwa kita belum dapat bersama saat ini, tetapi doa untukmu terus teruntai ke udara. Saat ini memang kita telah memilih untuk menempuh perjalanan ini masing – masing, entah sampai kapan, karena aku tak memiliki kuasa atas sebuah perjumpaan.

Aku masih ingat peristiwa demi peristiwa perpisahan kita, ketika ranum merah pipimu menghantarkan sebuah harapan untuk sebuah keindahan yang bisa kubawa pulang. Entahlah, aku hanya bisa bawa pulang cerita, aku hanya bisa bawa pulang kerinduan dan aku hanya bisa membawa pulang catatan demi catatan perjalanan. Tetapi aku ingin meyakinkan bahwa segala yang ada akan selalu mengada, takkan ada yang bisa mengubahnya. Angan – angan belaka ini akan menjadi sebuah kenyataan dan kita menjadi pemeran utamanya, siapkan dirimu untuk sebuah pengembaraan bersamaku. Karena kelak tak ada yang lebih penting dari kisah asmara ini, sebab segala lika – liku kehidupan, goresan demi goresan hati dan nelangsa nestapa yang kita lalui akan terpahat di pusara kehidupan yang bercerita tentang kita.

Kita adalah serpihan hati yang terhempas dari kalangannya, kita adalah sekumpulan titik demi titik yang menjadi oval yang tersusun melingkar menjadi sebuah himpunan keindahan. Kelak ketika kita sedikit menoleh ke belakang, kita akan menyadari bahwa perjalanan ini telah jauh terlampaui, sementara masih ada yang perlu untuk kita perjuangkan. Indahnya, kita berjuang bersama. Eloknya, kita berjuang dengan kasih sayang. Sungguh, kita akan berjuang dengan utuh seluruh. Karena ketika segalanya melebur menjadi kita, maka segalanya bukan lagi tentang kita, tetapi tentang kemanusiaan kita dan peradaban yang kita perjuangkan. Bersama dengan itu semua kita tersenyum kepada setiap kepahitan hidup kita dan mengatakan bahwa kita pernah melaluinya serta melaluinya bersama.

Harapan ini membentang begitu luas di angkasa, begitu hidup di cakrawala dan begitu menyala di dada. Kita dan segala kisah kehidupan yang menerpa telah melalui dengan begitu tangguh dan gilang gemilang. Memang harus diakui, ada kekurangan di sana – sini, tetapi keyakinan kita untuk terus bersiteguh dan bersikukuh menjalani kehidupan ini dengan hebat dan kuat adalah hal yang mengagumkan. Kemampuan inilah kekuatan generasi kita, bahwa apapun yang terjadi di setiap jaman, kita selalu saja mampu melampauinya dengan elegan dan cerdas. Akupun berharap bahwa kita akan selalu mampu menjadi seperti yang kita sekarang hingga di masa yang akan datang. Sampai di sebuah perjumpaan dimana segenap hati kita menjadi mata air kehidupan bagi sesama dan haqul yakin kita bisa. Sertakan doa didalamnya, sertakan kerja bersamanya dan sertakan keindahan pada prosesnya.

Jadikan deraan nestapa di masa lalu sebagai sebuah pelajaran bahwa kita tak boleh mengulanginya, jadikan kerja, upaya dan usaha hari ini bermakna serta jadikan hari esok elok dengan apa yang kita lakukan. Di senja ini aku masih memelukmu dalam doa, di senja ini masih bertasbih di hati kenangan tentang kita semua dan di senja ini aku kembali menguntaikan asmara ke angkasa. Hingga hari datang bagi kita sebuah perjumpaan yang begitu syahdu untuk dirasakan, dimana endapan kerinduan begitu berarti dalam setiap tatapan mata, agar setiap kata yang terucap begitu sejuk di dengar dan di rasa. Bertalu – talu adzan memanggil segenap kesadaran kita untuk terus mengindahkan sang Pencipta dan kita adalah segala yang selalu saja aku semogakan. Bersabarlah terhadap setiap lika liku kehidupan, tegarlah di setiap kekalahan dan rendahkanlah hati di setiap kemenangan. Bahwa kita terpaut dalam sebuah cita – cita perjuangan leluhur adalah garis tangan dan keniscayaan kita, apapun kita nantinya. Cheers 😀 LIN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s